Resep Membuat Sambal Matah yang Enak Dan Lezat

Pulau Dewata terkenal dengan ragam budayanya yang menarik di mata dunia untuk terus berkunjung lagi dan lagi. Tak hanya dalam bentuk seni tari, seni rupa, eksotisme pantai, kerajinan dan semacamnya yang membuat Bali begitu diminati. Harus turut pula kita sebutkan faktor kuliner, yang memang cukup khas dan menjadi salah satu daya tarik pulau yang terkenal dengan pantainya ini.

 

Berbicara makanan di Bali, jika Anda pernah berkunjung ke sana, pasti Anda sudah familiar dengan “sambal matah”. Jenis sambal yang satu ini cukup unik sebab tidak digerus dan disajikan dalam keadaan semi-mentah. Biasanya jika berkunjung di rumah makan khas Bali, sambal matah ini menjadi sajian pelengkap untuk menyantap ikan ataupun ayam. Penasaran tapi tak ada waktu berkunjung ke rumah makan khas Bali? Berikut kami sajikan resep membuat sambal matah yang enak dan lezat praktis untuk Anda coba di rumah. Selamat menyimak.

 

Siapkan Bahan-bahan

 

Untuk membuat sambal matah nikmat ini, bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah:

  1. Cabe rawit merah sebanyak 10 buah.
  2. Bawang merah sebanyak 8 biji.
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung.
  4. Terasi yang telah dibakar sebanyak ½ sendok teh.
  5. Daun jeruk purut sebanyak 2 lembar. Bersihkan dan kemudian irislah halus.
  6. Garam sebanyak ¼ sendok teh.
  7. Gula pasir sebanyak ¼ sendok teh.
  8. Air perasan jeruk nipis sebanyak ½ sendok makan.
  9. Minyak sayur untuk menggoreng, 3 sendok makan saja cukup.

 

Mari Membuat Sambal Matah Nikmat:

Setelah semua bahan-bahan yang dibuthkan siap, saatnya kita meracik sambal matah. Adapun cara membuat sambal matah, langkah demi langkah, sebagai berikut:

  1. Pertama, kupaslah bawang merah dan juga bawang putih. Kemudian cuci bersih dengan air dan selanjutnya diiris halus.
  2. Kedua, bersihkan cabe rawit dan juga iris halus.
  3. Sementara itu, serai dibuka, buang bagian luar yang tua cukup ambil bagian dalam yang berwarna putih dan kemudian diiris halus juga.
  4. Setelah semua bahan-bahan dicacah halus, campurkanlah ke dalam satu wadah. Tambahkan ke dalamnya garam, gula pasir dan juga air perasan jeruk nipis. Kemudian remas-remaslah hingga tercampur lebih merata.
  5. Terakhir, panaskan minyak goreng di wajan dan masih dalam keadaan panas, ambil dan tuangkan ke dalam wadah tempat Anda meremas campuran bahan lainnya. Aduk hingga merata. Sambal matah Anda siap disajikan untuk keluarga tercinta.

 

Resep membuat sambal matah yang enak dan lezat ini cukup mudah bukan? Anda bisa mencobanya di dapur masing-masing. Sambal matah ini siap disantap bersama dengan ikan bakar, ikan goreng, ayam bakar pun juga ayam goreng. Jika Anda menghendaki, bisa juga ditambahkan taburan ebi yang telah matang. Selain itu, jika rasanya belum mas bisa menggunakan penyedap rasa.

 

Baca Juga :

Resep Membuat Sambal Korek Yang Enak dan Lezat

Resep Membuat Sambal Balado Yang Super Pedas

Resep Membuat Sambal Terasi Khas Sunda