Cara Menghentikan Penyadapan Pada Ponsel

Jika sebelumnya saya membahas tentang ciri – ciri ponsel yang mengalami penyadapan, maka kali ini saya akan memberikan tips dan cara untuk mengatasinya. Saat kita mengetahui bahwa telepon atau ponsel kita disadap tidak usah panic cukup tenang saja. Selama waktu tersebut hindari untuk melakukan aktifitas yang bersifat privasi menggunakan ponsel anda. Seperti menelepon rekan bisnis atau membahas hal – hal penting melalui ponsel anda.

Ini bertujuan agar hacker atau pihak terkait tidak mendapatkan informasi penting mengenai anda. Selama masa tersebut anda dapat melakukan hal berikut ini guna menghentikan penyadapan pada ponsel anda. Berikut merupakan cara menghentikan penyadapan pada ponsel :

 

  1. Matikan Ponsel Secara Berkala

Pada saat sedang tidak anda pergunakan secara berkala (misalnya dimatikan saat mau tidur dan dihidupkan kembali saat bangun tidur), hal ini bertujuan untuk mencegah program penyadap telepon terus bekerja merekam dan memantau telepon dan sms anda.

Kebanyakan program penyadap telepon terganggu kinerjanya bila telepon di matikan, jadi bila anda merasa telepon anda di sadap, mematikan telepon adalah cara anti sadap telepon yang efektif.

  1. Matikan Fungsi Bluetooth dan Fungsi GPS

Bila sedang tidak anda butuhkan karena penyadap telepon memiliki teknologi memantau keberadaan anda dengan fungsi GPS, termasuk juga jangan melakukan koneksi sembarangan dengan bluetooth, lakukan koneksi bluetooth dengan perangkat llain atau orang lain yang benar-benar anda percaya.

  1. Gunakan Aplikasi Anti Sadap

Untuk mencegah telepon anda di sadap lagi kedepannya, selain program sadap telepon sudah ada program anti sadap telepon yang bisa anda download menyesuaikan dengan merk telepon yang anda pergunakan, kombinasikan dengan memberikan password telepon.

  1. Hubungi Provider

Bila anda merasa sedang di sadap, mohon kepada provider untuk membantu mengatasi permasalahan sadap telepon yang anda hadapi, provider sudah terbiasa menghadapi hal ini, mereka juga mempunyai program deteksi bila telepon anda benar-benar di sadap.

Kalau perlu minta juga mereka untuk menghapus memori pembicaraan dan sms anda (ini berlaku biasanya hanya untuk pelanggan pasca bayar).

  1. Jangan Berkomunikas Via Dandphone Dilokasi Rutin Anda

Seperti dirumah atau dikantor, karena bisa saja semua sinyal yg keluar masuk dari lokasi itu sudah disadap, jadi walau sudah ganti nomor atau ganti handphone tetap saja bisa disadap jika lokasi itu sudah di lengkapi alat sadap handphone.

  1. Reset Telepon Anda

Jika anda tidak mau ribet dengan cara – cara diatas ada yang lebih mudah dan menjadi jalan terakhir untuk menghentikan penyadapan pada ponsel anda yaitu dengan mereset ulang telepon anda. Dengan demikian, ponsel Anda akan kembali seperti awal ketika Anda beli. Artinya, aplikasi lain di samping aplikasi standar ponsel akan hilang juga.

Repotnya, Anda harus menghafal/mencatat password, juga men-download dan meng-install ulang semua aplikasi lain, yang sebelumnya ada di ponsel.

 

Nonaktifkan fitur forwarding yang diduga sebagai aksi penyadapan, dengan cara yaitu:

 

  • Operator XL dengan melakukan panggilan ke #818#
  • Operator TELKOMSEL dengan melakukan panggilan ke #222#
  • Operator 3 (THREE) dengan melakukan panggilan ke #100#

Jika ternyata fitur yang dimaksud adalah voice messaging. Untuk operator lain tinggal cari tau saja nomor panggilan untuk voice messaging ataupun mailbox. Untuk menonaktifkannya tinggal lakukan panggilan ke nomor :

#[nomor voice messanging Operator]#

 

Untuk mengaktifkannya tinggal lakukan panggilan ke nomor

*[nomor voice messanging Operator]#

 

Untuk mengetahui statusnya tinggal lakukan panggilan ke nomor

*#[nomor voice messanging Operator]#

 

Penyadapan pada ponsel seseorang bisa terjadi karna rasa ingin tau dari pihak tertentu terhadap aktifitas seseorang menggunakan ponselnya. Meski begitu tindakan tersebut dapat merugikan orang yang mengalami penyadapan sebab semua data yang masuk dapat tersalin ke pihak lain begitupun sebaliknya pihak lain data memasukan data pada orang tersebut.

Setelah membaca cara menghentikan penyadapan pada ponsel anda sekarang jadi tau bagaimana cara mengangkal tidak penyadapan tersebut. Jadi bila sewaktu – wakut telpon anda disadap anda tidak akan panik langsung saja praktekan apa yang sudah saya jelaskan diatas. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :

Tips menghindari Laptop / Komputer terkena virus

Ciri – Ciri Smartphone Kamu Disadap Hacker

Bahaya Menaruh HP Dibawah Bantal Saat Tidur