Ciri – Ciri Smartphone Kamu Disadap Hacker

Penyadapan pada telepon atau ponsel sebenarnya bukanlah hal baru lagi, sebab belakangan penyadapan yang dilakukan oleh hacker sudah sering terjadi. Meski umumnya penyadapan dilakukan terhadap orang – orang penting namun bisa jadi anda merupakan salah satu korban penyadapan.

Untuk mengetahui apakah telepon atau ponsel kita disadap atau tidak ada beberapa hal yang dapatkan kita lakukan. Perlu anda ketahui bila sebuah ponsel mengalami penyadapan ada hal yang tidak biasa terjadi seperti suhu telepon yang cepat panas serta penggunaan data yang meningkat. Berikut merupakan ciri – ciri smartphone kamu disadap hacker :

 

  1. Saat Melakukan Panggilan Suara Sering Terganggu

Beberapa dari kita mungkin mengabaikan hal ini dan menganggapnya sebagai gangguan pada speaker ponsel. Namun setelah diperbaiki masih saja sama, berhati-hati mungkin saja saat ini telepon anda sedang disadap.

  1. Terdapat Aplikasi Yang Tidak Dikenali

Pernah tidak kalian memeriksa aplikasi apa saja yang terpasang pada ponsel anda, jika tidak coba untuk memeriksanya sekarang. Sebab untuk menyadap sebuah smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan pada smartphone target. Nah agar target tidak curiga biasanya hacker menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui hal tersebut oba cek di menu Settings – Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu. Jika ternyata ada aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

  1. Lokasi Mendadak Aktif

Kita mungkin tidak begitu memperhatikan hal ini karna beberapa orang memang mengaktifkan akses lokasi yang ada pada smartphone mereka, namun bagaimana bila mendadak hal tersebut menjadi aktif padahal kita tidak mengaktifkannya.

Salah satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi. Karena itu, jika tiba-tiba pengaturan lokasi smartphone kamu aktif (saat biasanya dimatikan), bisa jadi ada aplikasi yang memaksa lokasi aktif. Atau mungkin kamu sedang disadap.

  1. Baterai Cepat Habis dan Suhu Sering Panas

Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal oleh hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterainya jadi boros.

Coba cek pemakaian bateraimu. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone kamu disadap orang.

  1. Penggunaan Data Meninggkat

Akhir – akhir ini kouta internet kamu jadi boros padahal kamu jarang menggunakannya. Bukan tanpa sebab berhati-hati lah mungkin itu merupakan salah satu efek dari disadapnya ponsel anda.

Selain baterai boros karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu.

  1. Wifi Menjadi Sering Aktif Sendiri

Saat berada di tempat umum yang terdapat Wifi gratis coba perhatikan ponsel kamu apakah wifi menjadi aktif sendiri, bisa jadi itu karna ponsel kamu sedang disadap. Sebab lewat koneksi WiFi di tempat umum, hacker bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke targetnya.

  1. Sering Muncul Iklan Pop-Up

Beberapa aplikasi untuk menyadap smartphone ada yang tidak bisa berjalan otomatis. Ada yang menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika iklan tersebut di-klik, maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif.

 

Selain ciri – ciri diatas yang sudah saya sebutkan ada indikasi lain yang bisa menandakan bahwa ponsel ada sedang disadap seperti smartphone yang menjadi lemot, saat menjalankan aplikasi atau game ngerasa smartphone kamu lemot itu salah satu pertanda. Jika saat menjalankan aplikasi ringan saja smartphone kamu sering kerasa lemot, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah ponsel anda disadap atau tidak yaitu dengan Coba dial / tekan  *#61# lalu OK, sebenarnya kode *#61#  ini  merupakan fitur forwarding baik suara, pesan, media, dan lain-lain. Namun biasanya lebih merupakan call divert, call forwarding, voice messaging atau mailbox. Setelah kode diatas ditekan , jika fitur ini  telah diaktifkan/ disetting,   maka akan muncul  nomor HP tujuan lain. Kalau itu bukan no yang anda kenal segera non aktifkan fitur tersebut.

Itulah beberapa ciri – ciri smartphone kamu disadap hacker, jika telepon atau ponsel kamu mengalami hal tersebut di atas maka sudah tidak diragukan lagi bila saat ini hacker sedang melakukan penyadapan terhadapt smartphone kamu. Tetap berhati-hati menggunakan ponsel pintarmu sebisa mungkin hindari hal – hal yang dapat memicu tindakan penyadapan agar privasi anda tetap terjaga.

 

Baca Juga :

Tips menghindari Laptop / Komputer terkena virus

Cara Menghentikan Penyadapan Pada Ponsel

Bahaya Menaruh HP Dibawah Bantal Saat Tidur