Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu Khas Manado yang Nikmat

Kali ini saya  akan membuat sambal yang enak, yaitu sambal dabu dabu. sambal dabu dabu adalah sambal khas manado yang memiliki cita rasa asli dari daerah sulawesi utara. Untuk bahan yang digunakan tidak jauh berbeda dengan jenis sambal yang lainnya.

 

Ada yang berbeda daripada sambal pada umumnya yakni tidak diuleg atau dihaluskan namun membuat sambal dabu-dabu ini hanya di iris saja. Sambel dabu dabu memang sekilas menyerupai dengan sambal matah khas bali, namun keduanya mempunyai perbedaan, berikut perbedaan sambal matah dan sambal dabu-dabu.

 

  1. Sambal matah menggunkan serai, sedangkan sambal dabu tidak
  2. Sambal matah tidak pakai tomat, sedangkan sambal dabu menggunakan tomat
  3. Sambal matah lebih berkuah daripada sambal dabu, ini karena sambal matah setelah disiram dengan minyak panas ditambah dengan air hangat.

 

Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Ciri khas dari sambal ini ada pada irisan tomat dan bawang merah selain cabai rawitnya. Rasa segar pada sambal ini didapatkan dari jeruk nipis. Jadi, selain dari rasanya, rasa segar pun terdapat pada aromanya.

 

Bumbu dan cara membuat sajian sambal ini begitu khas, begitu pula dengan penyajiannya yang merupakan pelengkap dari ikan bakar, goreng, atau hidangan seafood. Ditemani pemandangan indah kota Manado, hidangan yang disertai sambal dabu-dabu mampu membangkitkan selera makan Anda.

 

Resep sambal dabu dabu lilang khas manado

Bagaimana cara membuat sambal dabu dabu khas manado yang enak? resep sambal dabu sangat mudah dan cepat untuk membuatnya. Hampir semua bahan yang digunakan untuk membuat sambal dabu dabu mudah didapat.

 

Bahan bahannya

  1. Cabai merah segar ukuran besar, 1 buah. Cuci dan bersihkan, buang bijinya. Kemudian, potong dan iris halus, kecil-kecil. Rasa cabai merah dibandingkan cabai rawit memang tidak begitu pedas. Namun, Anda pun tetap bisa menambahnya.
  2. Cabai rawit sergar, 5 buah. Pilih warna hijau. Cuci dan bersihkan, kemudian potong dan iris halus, kecil-kecil membulat. Jumlah cabai rawit bisa Anda tambah jika ingin rasa yang lebih pedas.
  3. Bawang merah, 5 siung. Kupas dan bersihkan, kemudian potong dan iris tipis kecil-kecil.
  4. Tomat merah segar, 1 buah ukuran sedang. Cuci dan bersihkan, buang bijinya. Potong-potong daging tomat bentuk dadu kecil-kecil. Jika ingin rasa yang lebih segar, jumlah tomat bisa ditambah.
  5. Daun kemangi sebanyak 8 lembar. Cuci dan bersihkan. Kemudian iris tipis.
  6. 1 sendok air perasan jeruk nipis.
  7. Garam, secukupnya.
  8. Gula pasir, secukupnya.
  9. Minyak goreng, secukupnya.

 

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah. Campur semua potongan bahan mulai dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat dan daun kemanginya dalam wadah tersebut.
  2. Beri garam, gula, serta perasan air jeruk nipisnya. Aduk hingga merata.
  3. Panaskan minyak goreng. Kemudian, langsung tuangkan pada campuran bahan sambal dabu-dabu tersebut. Aduk dan campur kembali agar semua bahan tercampur merata.
  4. Siapkan piring atau mangkuk saji. Tuangkan sambal yang sudah jadi tersebut. Sambal pun telah siap disajikan untuk melengkapi berbagai hidangan.

 

Resep ikan bakar sambal dabu dabu khas manado

Bahan-bahannya:

  • Siapkan ikan baik ikan laut maupun ikan tawar (sesuai selera)
  • 1 Buah jeruk nipis, ambil airnya
  • Margarin atau minyak sayur
  • Lada dan garam secukupnya
  • Daun pisang sebagai pembungkus ikan

 

Cara membuat ikan bakar asli manado

  • Ikan yang telah di cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit
  • Bakar ikan dengan menggunakan alat pemanggang sambil olesi dengan margarin atau minyak sayur.
  • Setelah matang letakkan di atas daun pisang dan siram dengan sambal dabu yang telah kita buat sebelumnya, kemudian tutup dengan daun
  • Resep ikan bakar dengan sambal dabu dabu siap dihidangkan.

 

Bahan yang tidak ditumis akan membuat bahan-bahan tetap segar. Sepintas, mungkin Anda akan langsung teringat pada menu lain yaitu colo-colo. Antara colo-colo maupun dabu-dabu, keduanya sama-sama sambal. Bedanya, colo-colo merupakan istilah yang digunakan di Maluku. Namun, karena beda daerah tentu beda ciri khasnya.

 

Walaupun untuk colo-colo yang original tidak menggunakan tambahan bahan lain, banyak modifikasi pada colo-colo yang membuatnya semakin unik dan berbeda dengan sambal dabu-dabu tersebut. Antara lain tambahan kecap asin, hingga terasi. Kreasi colo-colo bisa membuat rasanya lebih pedas, manis, asin, atau asam tergantung pada rasa yang Anda inginkan dari bahan yang akan ditambahkan tersebut.

 

Jika sambal dabu lebih enak dinikmati dengan sajian ikan bakar, goreng, atau seafood. Maka, colo-colo Maluku lebih enak disantap sebagai siraman pada ikan kembung serta nasi kelapanya.

 

Anda bisa mencoba resep sambal dabu-dabu pedas tersebut di rumah karena bahan yang mudah dicari dan cara membuat yang hampir sama seperti colo-colo. Jadi, menu sambal di rumah kini bisa lebih beragam dengan resep khas dari berbagai wilayah di Indonesia untuk Anda sajikan setiap saat.

 

Baca Juga :

Resep Membuat Sambal Terasi Yang Enak Dan Lezat

Resep Membuat Sambal Kacang Goreng Yang Nikmat

Resep Membuat Sambal Balado Khas Padang