CARA MEREBUS TELUR YANG MATANGNYA SEMPURNA

Cara merebus telur yang matangnya senpurna – Telur merupakan makanan yang memiliki sumber nutrisi penting bagi tubuh, tak heran bila sudah sejak lama telur menjadi menu sarapan pokok yang baik bagi kesehatan tubuh. 1 butir telur mengandung 80 kalori dan sekitar lima gram lemak, selain itu telur merupakan sumber protein yang tinggi. Protein adalah blok pembangun penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Tubuh juga menggunakan Protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim, hormon dan zat kimia tubuh lainnya.

Nutrisi penting lainnya yang berlimpah dalam telur putih adalah riboflavin atau Vitamin B2. Kuning telur yang umumnya sangat ditakuti akan kandungan lemaknya,  sebenarnya adalah makanan yang sangat sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang . Kuning telur mengandung 1,33 gram kolesterol per 100 gram,  dan merupakan sumber yang kaya vitamin A , vitamin B , kalsium, fosfor, lesitin dan zat besi.

Semua manfaat itu bisa didapatkan bila kita memasaknya dengan benar. Kebanyakan orang lebih memilih untuk memasak telur dengan cara menggorengnya. Menggoreng telur justru akan justru akan banyak menghilangkan nutrisi, juga hanya akan menambah lemak buruk bagi kesehatan. Jika memang kita lebih suka menggorengnya sebaiknya cobalah hanya menggunakan seditik minyak dan wajan yang anti lengket. Cara sehat untuk memasak telur adalah dengan caranya merebusnya.

 

Cara merebus telur

  • Sortir telur dan masukan kedalam wajan atau panci

Masukan telur dibagian bawah panci, jika telur yang hendak anda rebus banyak usahakan untuk tidak telalu banyak menumpuk telur lebih dari empat tingkatan. Atau anda bisa menggunakan panci yang sedikit lebih besar.

  • Isi panci dengan air keran dingin

Masukan air kedalam panci dengan perlahan tujuannya supaya telur tidak retak, atau anda bisa menahannya dengan tengan ketika menambahkan air. Isi lah wajan dengan air secukupnya, minimal 3 cm. tambahkan juga sedikit garam, air asin membantu membuat putih telur lebih cepat mengeras dan membantu menyumbat kebocoran kecil jika kulit telur retak saat dimasak

  • Letakan panci/wajan di atas kompor dengan api sedang

Setelah itu letakan wajan diatas kompor dengan nyala api yang sedang ini bertujuan agar proses perebusan telur menjadi sempurna sebab bila nyala api terlalu besar maka air akan cepat mendidih, dan kemungkinan kita akan kesulitan mengatur berapa lama waktu perebusan telur tersebut. Begitu juga bila nyala api terlalu kecil porses perebusan akan menjadi semakin lama. Selain telur menjadi tidak matang sempurna kitapun jadi lama menunggu. hehe.

  • Angkat panci dari kompor saat air sudah mendidih

Ini merupakan yang terpenting dalam proses perebusan telur, kita harus tau seberapa lama telur yang akan kita rebus. Sebab lama waktu merebus telur dapat mempengaruhi tingkat kematangan telur tersebut. Untuk telur dengan kematangan yang sempurna dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, namun jika kamu yang suka telur setengah matang angkat dari dalam air dalam 5-7 menit. Nah! bagi kamu yang suka telur seperempat matang silahkan angkat telur dari dalam air kurang lebih 3 menit setelah perebusan.

  • Dinginkan telur untuk menghentikan proses memasak

Terakhir setelah semua proses selesai, angkat telur dari dalam panci dengan menggunakan sendok atau alat lainnya. untuk menghentikan proses memasak segera dinginkan telur. Kamu bisa memasukannya kedalam wadah berisi air dingin, Diamkan selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu telur bisa kamu kupas kulitnya dan siap untuk makan.

Itu dia cara merebus telur dengan matang yang sempurna yang saya bagian untuk kamu. Meski ada berbagai macam cara merebus telur semua bergantung dari seberapa lama kita melakukan proses perbusannya hingga akhirnya mendapatkan hasil yang sempurna. Selamat mencobanya.