Menu makanan sehat untuk sarapan

Sarapanmerupakan hal terpenting sebelum kita memulai aktifitas. Selain menambah energy sarapan juga dapat meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja dan belajar. Iyah, salah mengkonsumsi sarapan justru dapat berdampak buruk bagi tubuh. Kali ini saya akan memberikan alternative menu makanan sehat untuk sarapan yang bisa anda buat sendiri dirumah dengan mudah dan sederhana.

 

Berikut adalah menu makanan sehat untuk sarapan,

 

Telur orak arik

Bagi anda yang suka makan telur cobalah untuk mengkonsumsinya di pagi hari sebagai salah satu menu sarapan anda. Cara membuat telur orak arikpun tidaklah sulit, bahan – bahan yang diperlukan seperti satu butir telur, sayuran seperti wortel, jagung atau jamur didalamnya. Anda juga bisa menambahkan keju parut diatasnya ini akan menambah kelezatan menu yang satu ini. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya juga tidak lama sekitar 5-8 menit saja.

Kopi

Bagaimana bisa kopi menjadi salah satu menu sarapan sehat anda. Meskipun meminum terlalu banyak kopi memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda. Mengkonsumsi satu gelas kopi hangat di pagi hari ( tanpa gula dan creamer ) mengandung antioksidan tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat menurunkan resiko penumpalan keterampilan kognitif.

Teh

Selain kopi ada juga teh yang dapat menjadi alternatif menu sarapan anda. Teh tinggi akan antioksidan, yang mampu menggenjot kerja system kekebalan tubuh dan efektif sebagai obat anti peradangan. Baik teh hijau, teh melati atau teh hitam semua memilik khasiat yang hampir sama tentu mengkonsumsinya tidak memakai gula.

Pisang

Siapa sangka pisang juga merupakan salah satu menu makanan sehat yang perlu anda coba. Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak tentu akan menambah kelezatan dan menggugah selera makan anda.

Oatmeal

Ini dia menu sarapan favorit saya, iya betul. Oatmeal. Mungkin tidak banyak orang yang mengkonsumsi makanan yang satu ini, tapi ini bisa jadi salah satu alternatif menu sarapan anda. Makanan yang satu ini juga sudah banyak dijual di supermareket jadi sangat mudah untuk mendapatkannya. Untuk menghemat waktu, pilihlah oatmeal yang hanya perlu diseduh dengan air panas. Di Indonesia sendiri makanan yang satu ini belum begitu populer. Padahal, kandungan serat yang ada di dalamnya sangat tinggi. Anda juga bisa menambahkan madu dan potongan buah untuk rasa yang lebih mengundang selera.

Yogurt

Sama halnya dengan Oatmeal menu makanan yang satu ini juga kurang begitu diminati. Sebab rasanya yang asam orang akan mengira ini bisa menyebabkan sakti perut dan maag. Padahal menu sarapan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan agar tetap ideal. Atau bagi anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. Yogurt bisa menjadi menu yang tepat untuk anda.

Roti

Ini adalah menu makanan sehat untuk sarapan yang mudah ditemui, sebab makanan yang satu ini bisa kita jumpai di supermarket, toko atau warung biasa. Ada banyak jenis makanan yang satu ini seperti roti tawar, roti gandum dll. Hampir semua roti sehat untuk dikonsumsi. Sebagai varian anda dapat menambahkan selai, keju, seres atau coklat untuk menambah cita rasa saat anda hendak menyantapnya.

 

 

Itu dia rekomendasi menu makanan sehat untuk sarapan yang bisa menjadi alternatif bagi anda. Meski masih ada banyak lagi makanan sehat yang bisa anda jadikan di pagi hari itu semua bergantung pada selera anda. Dengan tetap memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Selamat mencobanya.