Kimchi

Kali ini mimin akan membahas tentang cara mebuat kimchi, kimchi adalah makanan sehat asal korea, mungkin juga para pembaca sudah merasakan makanan sehat ini atau mungkin juga belum merasakan makanan ini, sebenrnya sama mimin juga blum pernah ngerasain makanan ini, hehehe… so buat kalian semua yang blum pernah ngerasain kimchi bisa di buat di rumah loh langsung ajah yahh ini lah cara membuat kimchi ala kemblakareun.com

Alat untuk memasak

  • Pisau
  • Mangkuk Besar
  • Mangkuk Kecil
  • Sarung tangan plastik
  • Saringan
  • Talenan
  • Toples Jar Dengan Tutupnya

Bahan

     2 buah Sawi Putih, potong memanjang
     6 sampai 8 gelas air + 1 sendok makan,

     1/4 cangkir + 1 garam
     5 siung bawang putih, cincang
     2 lobak , dipangkas dan potong korek api
     1 bundel daun bawang, dipangkas, potong menjadi beberapa bagian
     1 sendok makan jahe segar, parut
     3 sampai 5 sendok makan serpihan (korean red pepper flakes ) paprika merah
     1 sendok the gula pasir
     1/2 lembar nori, robek menjadi potongan-potongan kecil

Cara memasak

 

  1. Bilas dan persiapan sawi putih. Potong sawi putih menjadi strip dan tempatkan dalam mangkuk. Tambahkan 1/4 cangkir garam pada lobak lalu uleni garam ke lobak dengan menggunakan sarung tangan. Lalu tuang air ke dalam mangkuk sampai sawi putih terendam, dan rendam  sekitar 10 menit.  Setalah selesai 10 menit Letakkan piring di atas mangkuk yang ada sawi putih nya ungkep selama 1 malam.

  2. Setelah di ungkep selama 1 malam Lalu bersihkan kubis dengan air bersih yang mengalir menggunakan saringan, setelah selesai sisihkan lobak.

  3. Campurkan gula, potongan paprika, nori dan gula dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1 sendok makan air matang  aduk isinya sampai  tercampur kental seperti pasta. Campurkan 2 cangkir air dengan garam 1 sendok makan dan aduk sampai merata dan sisihkan.

  4. Sementara itu, bilas dan persiapan lobak, jahe, daun bawang dan bawang putih. Lalu campur  bahan-bahan dengan sawi  putih di mangkuk. Tambahkan pasta dan lipat sampai kubis merata dilapisi dengan pasta, sekitar 2 menit.

  5. Kemas kimchi ke toples , tambahkan  air garam dari langkah tiga (jika diperlukan) untuk menutupi bahan. Lalu tutup dan tempatkan toples jauh dari sinar matahari langsung selama 24 jam. Setelah 24 jam, buka toples dan cium aroma kimchinya jika terasa bau asam berarti kimchi sudah jadi. Kimchi bisa bertahan  selama satu bulan bila di simpan di dalam lemari es .

  6. Kimchi bisa di tambahkan ke sup, sebagai lauk, atau dengan burger untuk vegetarian