Makanan yang baik untuk jantung

Makanan yang baik untuk jantung

Jantung adalah salah satu organ manusia yang sangat penting, maka dari itu kita harus menjaga dan merawat tubuh kita supaya seluruh organ tubuh kita selalu sehat, di imbangi dengan olahraga dan makanan sehat pasti tubuh kita akan selalu dalam kondisi baik, dan berikut ini makanan yang baik untuk jantung :

1.Beras Merah

Beras merah menjadi salah satu nutrisi yang sehat untuk tubuh dibandingkan dengan jenis beras putih. Beras merah mengandung berbagai zat yang sangat penting untuk tubuh seperti :

  • Mangan : mangan berfungsi untuk menetralisir lemak dalam tubuh. Zat mangan juga membantu proses sintesis lemak dalam tubuh, memperbaiki sistem syaraf dan organ reproduksi. Dalam satu porsi beras merah mengandung lebih dari 70% kebutuhan mangan untuk tubuh
  • Anti oksidan. Bahan anti oksidan mampu membuat sistem kerja jantung menjadi sangat stabil. Selain itu bahan anti oksidan juga mampu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah yang bisa menghambat peredaran darah ke jantung.

2.Susu Kedelai

Susu kedelai adalah jenis susu yang diolah dari bahan kedelai. Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat beberapa kandungan gizi antara lain: 6.5 gram protein, 3 gram lemak sehat, 0.5 gram lemak jenuh dan kurang dari 20 mg kolesterol. Bagi orang yang memiliki resiko penyakit jantung dan kelainan jantung bawaan sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai secara rutin sekitar 20 gram perhari.

3.Biji Chia

Chia adalah biji makanan yang berasal dari tanaman din Gurun Salvia Hispanica di Meksiko. Pakar nutrisi Joy Bauer menjelaskan: “Biji Chia mengandung omega 3 dan serat yang mengenyangkan (5 gr per sendok makan). Serat turut mengurangi kolesterol. Cara kerjanya seperti magnet yang membawa kolesterol keluar dari tubuh Anda.

4.Madu

Menurut koki dan konsultan gizi Kirsten Helle, “Madu kadang disamakan dengan gula karena rasa manisnya. Padahal madu adalah pemanis alami dan menguntungkan kesehatan jantung. Beberapa studi menunjukkan, madu mampu mengurangi kadar kolesterol tubuh.

5.Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki banyak kandungan zat omega-3. Selain itu ikan salmon juga banyak mengandung protein yang sangat menguntungkan untuk menjaga kesehatan. Setiap 3 ons daging ikan salmon mengandung lemak antara 5 hingga 11 gram dan 700 hingga 1.800 miligram zat omega-3. Selain itu ikan salmon juga memiliki banyak kandungan vitamin dan

6.Buah buahan yang menjaga jantung teteap sehat

Ada beberapa buah yang menjaga agar jantung kita selalu sehat antara lain : Tomat, Blueberri, Jeruk, Pepaya, Anggur Merah, Alpukat, Pisang, Apel, Coklat.

7.Sayur sayuran yang menjaga jantung teteap sehat

Ada beberapa buah yang menjaga agar jantung kita selalu sehat antara lain : Wortel, Bayam, Kenari, Paprika Merah, Ubi Jalar, Asparagus,  Labu, Brokoli, Kacang – kacangan, Kentang, Kubis, Jagung.