10 sayuran berwarna hijau yang kaya manfaat

Sayuran hijau merupakan salah satu bahan pokok makanan yang memiliki banyak manfaat. Selain mudah ditemukan di pasar atau di penjual sayur keliling, cara pembuatnya yang tidak susah membuat banyak orang banyak membuatnya sebagai menu makanan sehari – hari.

Sayuran memang memiliki banyak manfaat, tentu dengan cara dan pengolahannya yang baik dan benar. Tapi tidak semua orang mengetahui ragam manfaat dari berbagai sayuran hijau ini. Jadi tidak banyak orang yang suka mengkonsumsinya atau memang tidak menyukainya, sehingga jarang bertemu sayuran – sayuran berikut ini saat berada di meja makan.

Dari banyakannya sayuran hijau berikut saya akan bagikan 10 sayuran berwarna hijau yang kaya manfaat, yang bisa kamu baca dan tentu menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

  1. Bayam

Untuk sayuran yang satu ini tentu kamu sudah tidak asing lagi, hampir semua orang sudah pernah mencicipinya. Selain sedap ketika di santap, bayam juga memiliki banyak kandungan manfaat didalamnya.

Bayam memiliki serat tinggi, selain itu bayam merupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga mengandung vitamin A, C, K dan juga folat. Selain itu, bayam juga dapat menjaga kesehatan mata sebab didalam bayam mengandung lutein.

  1. Kangkung

Ini merupakan sayuran kesukaan saya, selain enak dimakan ternyata kangkung juga memiliki banyak manfaat loh. Meski ada yang mengatakan makan kangkung bisa bikin ngantuk, mungkin itu hanya mitos. Dalam sayuran ini terdapat kandungan yang sangat banyak seperti Vitamin A, vitamin C yang cukup tinggi.

Kangkung juga memiliki vitamin B yang dapat meningkatkan hormone yang dapat menciptakan suasana nyaman. Hmm, mungkin ini juga yang bikin kita jadi ngantuk. Selain itu, ternyata ekstrak dari sayuran hijau yang satu ini dapat membantu menghambat penyerapan gula, sehingga cocok untuk penderita diabetes.

  1. Timun

Timun biasanya kita gunakan sebagai lalapan. Dalam timun, vitamin C nya cukup banyak, folat yang berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung dan depresi.

Selain itu, ada juga mangan, serat, magnesium, klorofil dan lutein. Selain timun dapat menjaga kesehatan pencernaan, dia juga dapat menyegarkan tubuh karena kandungan airnya yang banyak.

  1. Sawi

Bila kamu suka makan mie ayam tentu tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Iyah sawi. Sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi ini memang biasa di padukan dengan mie sebagai pelengkap.

Kadungan vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolat dalam sawi berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang baik untuk tulang.

  1. Daun singkong

Sayuran ini biasanya banyak kita temui di masakan padang, daun singkong biasanya direbus saja untuk disajikan sebagai pelengkap masakan padang. Yang bikin enak dan nikmat itu adalah kuah dari masakannya. Kadungan protein dan zat besi pada daun singkong muda cukup tinggi.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang enak rasanya, sebanding dengan harganya yang memang relative lebih mahal dibandingkan sayuran lainnya. Brokoli mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker

Selain itu, sayuran yang satu ini juga dapat mengurangi kolesterol dengan serat yang larut dalam air. Menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan vitamin K.

  1. Seledri

Seledri adalah sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, kalium. Selain itu, seledri juga mengandung vitamin A dan C. komponen aktif bernama phthalides dalam seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki komponen aktif lain yaitu coumarin dan acetylenis yang bisa mencegah perkembangan sel kanker.

  1. Pare

Di balik rasanya yang sangat pahit, pare memiliki manfaat yang tidak banyak orang tau. Serat yang dikandung sayuran ini sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Pare biasanya ditumis atau menjadi bahan campuran siomay.

Pare juga mengadung mineral kalsium, kalium, serta zat besi yang lengkap untuk kesehatan tulang dan darah. Dengan kandungan ini pare mampu menekan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

  1. Buncis

Buncis merupakan salah satu sayuran dengan beragam variasi olahannya, mulai dari sebagai bahan sup, ditumis, dan sebagainya. Sayuran yang satu ini juga kaya akan vitamin B6 dan B2. Buncis juga kaya akan kandungan vitamin C dan beta karoten yang merupakan antioksida yang dapat menghilangkan berbagai radikal bebas mungkin terbentuk tubuh.

  1. Pak Choy

Pak choy atau bok choi adalah sayuran hijau lainnya dengan manfaat berlimpah. Di dalam daun yang sering dijadiakan campuran capcay atau dimasak bersama mie ini, terkandung vitamin A, C, dan D yang sangat baik untuk tubuh.

Selain itu kandungan kalium dalam pak choy juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Terdapat juga kandungan glukosinolat yang berfungsi menurunkan risiko seseorang terkena kanker prostat .