Cara mengolah rebung

Cara mengolah rebung

    Rebung merupakan sayuran yang berasal dari tunas bambu yang masih muda. Rebung termasuk bahan makanan yang kaya akan nutrisi penting dan baik untuk kesehatan, diantaranya : Vitamin A, serat, protein, thianin, kalium, antioksidan, zat besi, fosfor, Vitamin C, dan lainnya. Tekstur yang renyah dan rasanya yang nikmat setelah diolah membuat rebung banyak difavoritkan banyak orang, diantaranya : sebagai isi lumpia, diolah menjadi sayur lodeh, tumis, kare,dan lainnya. Sayangnya mengolah rebung membutuhkan keahlian khusus, jika tidak, maka bau pesing siap merusak nafsu mkan.

1.  Menghilangkan pesing

Rebung memiliki bau pesing yang sangat menganggu buat sebagian orang, Cara untuk menghilangkan bau tersebut cukup mudah. Iris tipis-tipis rebung yang kamu sudah beli dan cucilah minimal 3 kali agar rebung bersih dari kotoran. Sesudahnya, lakukan tips untuk menghilangkan rasa pahit dari rebung. Kemudian, rebus ulang rebung kamu bersama daun jeruk dan jahe hingga teksturnya melunak. Bau daun jeruk dan jahe akan menghilangkan bau langu dari rebung sehingga rebung kamu siap untuk diolah jadi menu masakan lainnya.

Ternyata mudah kan mengolah rebung sebelum dimasak menjadi hidangan yang lezat. Sekarang kamu tidak perlu lagi sedih kalau mendapati lumpia dengan rebung yang pahit dan berbau langu. Kamu sudah bisa membeli dan mengolahnya sendiri untuk mendapatkan lumpia atau bahkan olahan rebung lain yang lebih lezat.

2.  Menghilangkan rasa pahit

Rebung yang sudah kamu olah terasa pahit? Wah hati-hati , karena ciri-ciri dari rebung yang beracun adalah rasa yang pahit. Oleh karena itu setelah kita membeli rebung dari pasar, jangan lupa untuk mengupas kulit dari rebung untuk mencegah keracunan. Sebelum memulai mengolah rebung, kamu juga disarankan untuk merebus rebung bersama air garam selama 10-20 menit. Air rebusannya kemudian dibuang ya karena di dalamnya mengandung racun sianida. Jadi jangan digunakan lagi air rebusannya.

 

 

 

3. Mengukus Rebung

Jika And atidak cocok dengan cara yang disebutkan diatas, ada satu cara terakhir yang mudah dan cepat, yakni : mengukus rebung. Mengukus juga bisa meminimalisir bau pesing dan pastinya menghilangkan rasa pahitnya.
Setelah membaca tips menghilangkan rasa pahit dan bau pesing pada rebung diatas, pastinya Anda akan lebih bersemangat lagi dalam mengolah rebung yang kaya khasiat untuk keluarga tercinta.