Jenis bunga yang bisa dikonsumsi

Berikut ini adalah beberapa bunga yang bisa dikonsumsi oleh manusia :

1   Bunga kecombrang atau sering disebut bunga siantan, mungkin terdengar asing di telinga kita. Faktanya, nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih dari sekedar tanaman biasa, kecombrang ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ringan dan berat.
2  Bunga Turi merupakan salah satu tumbuhan pelindung yang bisa kita jumpai di sawah, kebun, maupun di pekarangan rumah-rumah penduduk. Ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki tekstur kayu yang lunak dan biasanya memiliki umur yang pendek. Spesies yang masih termasuk dalam keluarga fabaceae ini banyak tersebar dari India Timur hingga ke benua Australia.
3   Bunga rosella adalah bunga yang berasal dari wilayah Afrika. Pada negara asalnya, bunga rosella yang berwarna merah, dibuat menjadi teh untuk minuman di musim dingin. Bunganya juga dapat dioleh menjadi selai di negara asalnya. Seiring berjalannya waktu, Manfaat bunga rosella dipercaya mampu menangani berbagai keluhan penyakit. Maka dari itu banyak yang membudidayakan bunga ini untuk dijadikan teh.
4  Bunga sepatu / Hibiscus adalah Bunganya berwarna-warni, ada yang merah ada pula yang kuning, putih, orange, pink atau pun warna lain. Orang mengenalnya sebagai bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis) atau wora-wari. Bunganya berwarna mencolok, indah dan biasa ditanam sebagai bunga hias di pekarangan rumah. Ternyata bunga kembang sepatu ini sangat berguna untuk pengobatan, Hampir semua bagian bunga sepatu, mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan kelopak bunga bermanfaat bagi kesehatan. Bagian bunga mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).

5  Bunga dandelion atau orang bilang menyebutnya dengan bunga Randa Tapak, benua eropa dan asia adalah tempat asal bertumbuhnya bunga dandelion, di benua tersebut bunga dandelion asli tumbuh. Namun saat ini bunga dandelion bisa tumbuh dimana saja, bunga yang merupakan bagian dari jenis Taraxcum dan masuk kedalam family Asteraceae yang memiliki asal usul mengapa nama dinamakan dengan bunga Randa Tapak. Hal itu karena penamaan tersebut biasa digunakan bagi tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil yang bisa terbang jika ditiup oleh angin, bunga-bunga kecil tersebut merupakan sejenis dengan jam hayati yang ketika terbang melepaskan banyak biji tetapi sebenarnyanya biji-biji tersebut merupakan buah dari bunga dandelion.

6  Bunga Lavender Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa minyak esensial bunga lavender mungkin bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam kondisi, seperti insomnia, alopecia ( kerontokan rambut ), kecemasan, stres, dan mengurangi rasa sakit pasca operasi. Hingga saat ini Lavender masih dipelajari akan sifatnya yang antibakteri dan antivirus. Minyak lavender seringkali digunakan untuk pengobatan alternatif, seperti pijat dan akupunktur.
itulah beberapa bunga yang bisa di konsumsi oleh manusia, tapi harus ingat bisa di konsumsi bila cara pengolahanya benar ….