Cara Mudah dan Sederhana Membuat Salad buah yang Sehat dan Bergizi

Kemblakareun.com – Salad adalah menu makanan sehat yang biasanya dapat kita temukan di berbagai restoran yang menjual makanan khas dari luar negeri. Disebut sebagai menu makanan sehat karena secara keseluruhan bahan-bahan yang digunakan terdiri dari berbagai buah-buahan atau sayuran yang kemudian disiram dengan saus spesial.

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet tentu menu makanan yang satu merupakan menu wajib yang selalu ada setiap harinya. Salad buah memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi anda yang berkeinginan menurunkan berat badan, selain enak dan bergizi salad buah juga dapat membantu anda untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Cara membuat salad buah sendiri tidaklah sulit, sebab bahan bahan yang digunakan juga cukup mudah kita dapatkan. Selain itu kita juga dapat membuatnya sendiri dirumah tanpa harus selalu pergi ke restoran yang meyediakan menu makanan yang satu ini. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah atau pernah membuatnya tapi lupa bahan – bahan apa saja yang digunakan, tenang kali ini saya akan bagikan Cara Mudah dan Sederhana Membuat Salad buah yang Sehat dan Bergizi:

 

Bahan – Bahan yang diperlukan

  • 200 gr buah melon.
  • 200 gr buah anggur segar.
  • 200 gr buah apel segar.
  • 200 gr buah mangga matang yang masih segar.
  • 200 gr buah strawberry yang sudah matang dan pastikan dalam kondisi yang masih segar.

 

Bahan – Bahan untuk membuat Saus

  • 150 ml mayones.
  • 2 sdm keju cheddar yang telah diparut.
  • 2 sdm susu kental manis.
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis.
  • 1/2 sendok teh kulit jeruk nipis yang sudah diparut.

Cara membuat saus salad buah :

  1. Siapkan wadah yang bersih untuk tempat saus.
  2. Masukkan mayones, susu kental manis putih, air jeruk nipis, dan parutan kulit jeruk nipis.
  3. Aduk aduk hingga semua bahan tercampur rata kemudian sisihkan.

Cara membuat salaad buah yang enak :

  1. Cuci bersih semmua bahan buah – buahan yang akan digunakan, kemudian kupas dan potong dadu atau sesuai selera Anda. Masukkan ke dalam wadah kemudian dinginkan terlebih dahulu ke dalam lemari es. Tunggu hingga buahnya dingin ya agar terasa lebih segar dan enak.
  2. Keluarkan buah – buahan yang telah dingin. Kemudian siapkan wadah atau jika tidak mau ribet bisa tetap menggunakan wadah yang sama, langkah selanjutnya adalah tuangkan saus salad yang telah Anda buat tadi ke atas buah – buahan.
  3. Aduk hingga sausnya merata dan tercampur sempurna. Lalu taburkan parutan keju di atasnya.
  4. Salad buah yang enak dan menyehatkan siap untuk dinikmati.

 

Selain mudah untuk membuatnya ternyata siapa sangka ada segudang manfaat didalamnya yang mungkin saja belum anda ketahui. Selain bagus untuk anda yang sedang menjalankan program Diet, salad buah juga memiliki manfaat lain yang diantaranya adalah untuk kecantikan dan juga ibu hamil, sebab salad buah mengandung Vitamin, mineral dan antioksidan yang cukup. Berikut merupakan manfaat lain dari salad buah untuk kesehatan tubuh :

  • Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan dari makan salad adalah menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Cobalah untuk makan salad yang terbuat dari pir, stroberi, persik, apel, wortel, tomat, paprika dan kacang polong.

  • Jantung Sehat

Makan salad setiap hari juga akan membantu Anda dalam menjaga jantung Anda tetap sehat. Nutrisi dalam salad tidak akan hilang karena tidak melalui pemrosesan seperti direbus atau digoreng.

  • Sembelit

Keuntungan lain dari mengonsumsi makanan yang kaya serat yaitu mencegah sembelit. Mengkonsumsi salad setiap hari dapat membantu Anda dalam meningkatkan gerakan usus Anda dan buang air besar pun menjadi lancar.

  • Kaya Serat

Salad mengandung banyak serat karena makanan ini memang menggunakan buah-buahan dan sayuran dalam bentuk mentah. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti salad secara teratur dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda.

  • Antioksidan Tinggi

Dengan makan salad secara rutin, Anda akan mampu menyediakan cukup anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh Anda. Dengan kata lain, mengkosumsi salad berarti juga mencegah serangan penyakit.