Serba Serbi Bulan Ramadhan

Kemblakareun.com – Tinggal menghitung hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang sangat dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat muslim di dunia. Di Indonesia ada berbagai macam perayaan unik dalam menyambut bulan Ramadhan, selain itu ada berbagai kebiasaan yang sering dilakukan orang Indonesia selama bulan Ramadhan.

Nah berikut ini merupakan beberapa hal yang hanya ada saat bulan ramadhan:

  1. Makanan khas yang hanya ada pada bulan Ramadhan

Ada banyak makanan yang sering kita temui pada bulan Ramadhan, makanan ini juga sangat lekat dengan bulan puasa. Bahkan bagi sebagian orang bulan Ramadhan tidak akan lengkap bila tidak ada makanan – makanan ini.

Buah kurma sangat populer saat bulan Ramadhan tiba, makanan yang yang satu ini banyak diburu oleh pembeli. Selain rasanya yang manis, mengkonsumsi buah kurma juga merupakan Sunnah rasul. Selain itu ada juga kolak makanan khas Indonesia ini banyak kita temui saat bulan puasa tiba.

Ada juga es cendol, cincau, ketan bintul, kolang kaling dan masih banyak lagi. Mungkin masing – masing daerah punya makanan khas tersendiri yang banyak di temui selama bulan puasa

  1. Shalat tarawih

Tak lengkap rasanya bila kita berpuasa tapi tidak melaksanakan shalat tarawih. Pada saat bulan Ramadhan kita pasti akan melihat masjid dan musholla ramai di penuhi orang untuk melaksanakan shalat tarawih. Iyah meski kadang ramainya hanya pas di awal dan akhir saja. Hehe.

Shalat tarawih dilakukan di malam hari setelah shalat isya, jumlah rakaatnya kurang lebih 11 atau 13 rakaat. Itu menurut hadits yang saya baca. Mungkin ada kepercayaan yang berbeda mengenai jumlah raka’at shalat tarawih.

  1. Petasan

Meski dilarang masih banyak orang yang menjual petasan, terlebih saat bulan Ramadhan tiba. Para penjual petasan semakin menjamur. Petasan yang di jualpun beragam jenisnya, ada yang harganya murah hingga yang paling mahal.

Saat bulan Ramadhan kita pasti akan sering mendengar bunyi petasan, biasanya yang sering bermain petasan adalah anak kecil. Dulu juga saya waktu kecil seperti itu. Petasan seakan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bulan Ramadhan.

  1. Makan sahur dan berbuka puasa bersama

Ini yang menjadi momen paling ramai menyenangkan dan tentu tak terlupakan. Kita menyempatkan waktu berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat rekan kerja atau orang lain yang bahkan kita tidak kenal untuk berbuka puasa bersama. Resto, café, rumah makan hingga warung – warung jadi ramai, di kerumuni pembeli yang ingin makan sahur atau berbuka puasa.

Meski tidak setiap hari, momen buka bersama atau makan sahur ini juga dapat mempererat ikatan tali persaudaraan sesama umat muslim.

  1. Mudik

Mudik adalah kegiatan para perantau untuk kembali pulang ke kampong halamannya. Biasanya orang sudah mulai mudik dari H-7 sebelum lebaran. Saat momen mudik tiba, kita akan menemui jalan yang banyak dilalui oleh kendaran roda dua maupun roda tiga.

Di saat yang bersamaan ada juga banyak penjual minuman atau warung kaget yang ada di sepanjang jalan raya. Mereka memanfaat keadaan dengan menyediakan tempat untuk beristirahat bagi para pemudik yang sedang melakukan perjalanan jauh.

  1. Takbir keliling

Setelah kita berpuasa penuh selama satu bulan, kita akan merayakan momen keberhasilan kita dengan mengumandangkan takbir. Di berbagai wilayah di Indonesia akan mengadakan takbir keliling. Ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan sebelum menyambut datangnya hari raya idul fitri.

Saat takbir keliling biasanya dilakukan dengan pawai menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Ada pula yang berjalan kaki dengan membawa obor. Ini adalah perayan yang unik yang mungkin saja hanya ada di Indonesia loh.

  1. Hari Raya Idul Fitri

Puncaknya adalah hari raya idul fitri, atau biasa di sebut lebaran. Ini adalah momen paling di tunggu-tunggu sebab pada hari itu seluruh umat muslim yang telah menjalankan kewajibannya dengan berpuasa penuh selama satu bulan di hapuskan segala dosanya.

Pada kesempatan ini juga kita akan saling bermaaf-maafkan kepada keluarga, kerabat, sodara, teman dan orang sekitar kita. Ini dilakukan setelah melaksanakan shalat idul fitri.