Suka Menaruh Hp Di Bawah Bantal Saat Tidur, Ini Bahayanya.

Hp kini menjadi sebuah benda wajib yang dimiliki oleh setiap orang, selain untuk mempermudah komunikasi di era modern seperti sekarang ini banyak Hp dengan fitur yang sangat canggih. Ini menjadi semakin membuat pegunannya betah berlama-lama bermain – main dengan smartphone mereka, bahkan ketika hendak tidurpun masih memainkan Hp.

Saat mata sudah lelah dan mengantuk kita tanpa sadar menaruh Hp di bawah bantal, apa kamu pernah melukakan hal ini. Jika iya, segeralah ubah kebiasaan buruk ini sebab ada bahaya yang mengintai kita bila terlalu sering menaruh Hp di bawah bantal saat tidur.

 

Berikut ini adalah dampak negatif bila terlalu sering menaruh Hp di bawah bantal saat tidur:

 

Menyebabkan sakit kepala

Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

Gangguan Insomnia

Meletakkan handphone terlalu dekat dengan posisi kita tidur, terutama di bawah bantal akan dapat mengganggu tidur. Hal ini terjadi karena kita akan sering terjaga manakala terdengar nada-nada yang keluar dari handphone tersebut, misalnya saja karena adanya panggilan atau pesan-pesan masuk. Selain itu, hal tersebut juga cenderung menyebabkan kita untuk ingin selalu menyentuh dan mengoperasikannya

Merusak sel-sel otak

Menurut seorang ilmuwan kesehatan lingkungan yang bernama Dr. Devra Davis menyatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan  anak-anak 50% lebih mudah menyerap lebih banyak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa. Dimana tengkorak mereka lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang electromagnetic lebih mudah menembus ke otak mereka.

Serangan jantung

Pada beberapa kasus pernah ditemukan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung tiba-tiba meninggal dunia seketika ketika mendengar ponselnya berdering di tengah malam, bisa jadi yang bersangkutan kaget sehingga mengalami serangan jantung.

Dapat menyebabkan tumor otak

Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya.

Dapat menyebabkan kanker

Hampir sama dengan tumor otak, radiasi ponsel juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali, sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga. Tak jarang anggota tubuh lainnya seperti perut juga dapat terpapar radiasi ponsel sehingga menyebabkan kanker, karena ketika tidur si pemilik tidak sadar kerap meletakkannya di bawah tubuh dan menindihnya.