Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan sebuah gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan. Munculnya sakit kepala dapat disebabkan karena banyak faktor, mulai dari telat makan sampai dengan kondisi stres berat. Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup, dan lebih banyak istirahat.

Namun terkadang rasa sakit pada kepala terjadi terus menerus, ini tentu membuat siapapun yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Penyebab sakit kepala terus-menerus mungkin tidak sama antara orang-orang dengan satu sama lain. Banyak jenis penyakit yang menunjukkan gejala seperti sakit kepala. Namun, jika ternyata mual atau sakit kepala yang Anda alami terjadi dalam waktu yang lama, Anda harus mulai untuk berhati-hati.

 

Berikut penyebab sakit kepala

 

  1. Sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi infeksi seperti meningitis. Infeksi juga dapat berasal dari bagian tubuh lain selain kepala, seperti yang terjadi pada kasus sinusitis, flu, infeksi telinga, serta infeksi pada gigi.
  2. Cuaca menjadi pemicu utama muncul sakit kepala. ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala.
  3. sakit kepala dapat terjadi setelah masa stres berakhir. Stres juga dapat menyebabkan ketegangan di area leher, bahu, dan otot kepala.
  4. Misalnya akibat terbentur atau setelah mengalami kecelakaan.
  5. Adanya perdarahan atau sumbatan pembuluh darah di dalam otak.
  6. Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, yang kemudian mendorong sakit kepala.

 

  1. Kurang tidur juga memicu sakit kepala. Ikuti pola tidur yang berimbang: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pecan.
  2. Kanker otak.
  3. Pengar (hangover).
  4. Sakit kepala Sakit kepala ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi obat pereda sakit.

 

Selain itu rasa sakit pada kepala juga dapat di sebabkan oleh, terlalu banyak berolahraga, terlalu banyak mengkonsumsi minuman tertentu seperti teh dan kopi. Diet juga dapat memicu rasa sakit kepala, ini terjadi akibat dari makanan yang di konsumsi. Beberapa makanan dipercaya sebagai pemicu: keju (terutama keju yang lembut), coklat, buah-buahan asam, daging diawetkan, kacang-kacangan, panganan asin dan makanan dengan MSG . Bahkan es krim pun bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang, meski hanya beberapa menit saja.

Temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan lebih lanjut karena sakit kepala yang diderita mungkin saja merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

 

Pengobatan sakit kepala yang dilakukan harus dilihat dari gejala yang dialami dan berdasarkan penyebabnya, karena tidak semua tipe sakit kepala bisa diatasi dengan meminum obat pereda sakit kepala saja. Temui dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan yang menyebabkan sakit kepala.

Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut selain sakit kepala, segera ke rumah sakit terdekat:
  1. Kesulitan berbicara
  2. Gangguan pada penglihatan
  3. Salah satu sisi tubuh menjadi lemah atau lumpuh
  4. Leher kaku
  5. Hilang kesadaran
  6. Demam tinggi
  7. Sulit berjalan

 

Pada umumnya obat-obatan yang dijual bebas, seperti ibuprofen, paracetamol, dan aspirin bisa mengatasi sakit kepala tegang sesaat. Selain itu, beberapa terapi alternatif juga bisa dilakukan untuk mengurangi stres, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terapi perilaku kognitif yaitu terapi di mana pasien diajari untuk mengelola stres yang bisa memicu sakit kepala tegang.
  2. Terapi air hangat.
  3. Pijat.
  4. Meditasi.
  5. Latihan relaksasi.

 

Selain itu ada cara cepat meredakan rasa sakit pada kepala, yang bisa menjadi alternatif pengganti obat – obatan serta cara yang saya bagikan tadi diatas. Berikut adalah cara cepat meredakan rasa sakit pada kepala :

 

Konsumsi banyak air putih

Tubuh kita pada dasarnya lebih dari 70 % tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan setiap harinya sangatlah penting untuk tubuh, salah satunya mampu mengoptimalkan sistem metabolisme.

Gunakan es batu

Es batu memiliki sifat yang sangat dingin, kandungan sifat dinginnya inilah yang bisa mengatasi sakit kepala Anda dengan cepat.
Untuk menghilangkan sakit kepala dengan es batu sangatlah mudah sekali, cukup dengan mengosok-gosokan es batu secara perlahan-lahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu pada bagian belakang kepala.

Konsumsi buah pisang

Buah pisang mengandung senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk menghilangkan sakit kepala migrain.

Berbaring dengan kaki diatas

Inilah cara menghilangkan sakit kepala yang sering saya lakukan. tanpa bantuan obat, tanpa bantuan bahan alami, dan tanpa bantuan orang lain. cukup dengan berbaring dan meletakan kaki diatas selama 1 jam, sakit kepala Anda akan hilang dengan sangat mudah.

 

Baca Juga :

Demam, ini dia penyebab dan cara mengatasinya

Phobia itu adalah

Jika anda sering kesemutan, hati hati mungkin anda

Narkoba, apa sih bahayanya? cek disini!