Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan segar setelah berpuasa, anda perlu memperhatikan asupan makanan selama bulan ramadhan. Saat berbuka puasa jangan sembarangan mengkonsumsi makanan, hindari untuk mengkonsumsi makanan berat saat berbuka. Ini bisa membuat berat badan anda naik, selain itu ada banyak penyakit yang bisa saja menyerang tubuh anda.

Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk makan terlalu banyak atau berlebihan saat berbuka puasa, apalagi dengan hidangan yang lezat dan mengundang selera. Berbuka puasa dahulukan dengan meminum segelas air putih dan makanan manis, ini bertujuan untuk mempercepat naiknya gula darah dalam tubuh. Selain itu beberapa makanan berikut ini sangat baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa.

  1. KURMA

kurma adalah buah yang berasal dari pohon palem yang ditemukan di wilayah Mediterania. Buah asal Timur Tengah ini pun menjadi makanan khas saat bulan Ramadan. Ini karena kurma memiliki  manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

 

 

  1. SALAD BUAH

Dessert ini sanfat cocok untuk berbuka puasa. Ini karena beberapa buaah yang terkandung dalam salad sangat penting meningkatkan vitamin usai menjalani puasa.

 

  1. MADU

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan.

 

  1. AIR PUTIH

Mengonsumsi air putih lebih banyak memang sangat disarankan sebelum dan setelah puasa. Sebab potensi dehidrasi ketika puasa lebih besar, karena tidak ada asupan air pada siang hari. Untuk itu meminum air delapan gelas per hari sangat disarankan. Anda bisa membaginya per gelas antara sahur dan berbuka.

 

  1. BUAH – BUAHAN

Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna oleh usus.

Pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi.

Selain itu usahakan mengonsumsi buah yang kaya serat, seperti pisang dan pepaya  karena buah tersebut mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang.