Manfaat Lengkap Jus Apel Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Jus buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, buah mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Jus buah kini menjadi minuman alternatif yang banyak di konsumsi sebagai cara lain untuk menikmati buah-buahan segar. Para produsen kini berlomba –lomba membuat minuman olahan berbahan dasar buah dengan berbagai varian rasa, tak heran bila kini jus buah banyak dijual di mini market dalam bentuk kemasan. Selain itu kini juga mulai menjamur para pedagang jus buah di pinggiran jalan.

Anda tidak akan merasa kesulitan jika ingin menikmati segelas jus buah segar, seperti yang sudah saya jelaskan tadi jus buah segar bisa anda dapatkan dengan mudah. Lalu apakah anda perlu mengkonsumsi jus buah setiap hari? Jawabannya adalah iya. Kenapa demikian, nah sekarang ini saya akan membagikan manfaat lengkap jus apel yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Untuk selanjutnya, akan dibahas tentang apa saja yang terkandung pada buah apel? Dan apa saja manfaat dari buah apel?  Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.

Apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.  Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.  Apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Apel dapat menyehatkan saluran pencernaan, menyehatkan hati, menurunkan kolesterol, menetralisir kadar gula darah, menurunkan berat badan, membantu kerja usus halus, mengobati dan mencegah anemia, mengembalikan stamina tubuh, merawat gigi, merawat jantung, mencegah dan mengobati rematik, meningkatkan kesehatan kulit, menyehatkan mata, mencegah dan mengobati ashma, merawat tulang dari kerapuhan ( Osteoporosis ), dan mencerdaskan otak. Sehingga Apel sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak banyak orang yang menyukai jus Apel yang sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui apa saja sih manfaat lengkap jus Apel yang baik bagi kesehatan tubuh berikut penjelasannya :

  1. Mencegah Kanker Apel bersifat sebagai anti-kanker yang tentunya sangat efektif untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker.Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.
  2. Menurunkan Kolesterol Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.
  3. Meningkankan Sistem Kekebalan Tubuh Apel mengandung anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid dan quercetin, terutama pada apel dengan kulit merah. Salah satu antioksidan tersebut, tepatnya quercetin akan meningkatkan sistem imun manusia untuk membangun tameng alami dari virus penyebab penyakit.
  4. Mencegah Alzheimer Satu cangkir jus apel yang Anda minum ketika cuaca terik dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, ini berkat peranan flavonoid sebagai antioksidan kuat. Jika begini terus, keistimewaan apel yang akan tubuh rasakan adalah terhindar dari penyakit Alzheimer.
  5. Mengobati Asma Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum. Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma.
  6. Mengendalikan Gula Darah Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.
  7. Mencegah Batu EmpeduBatu empedu terbentuk karena dalam empedu menyimpan terlalu banyak kolesterol sehingga mengalami pengerasan, hal ini sangat identik pada orang yang kelebihan berat badan.Untuk menghambat pembentukan batu empedu, dokter menyarankan mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat agar kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuhnya terkontrol. Dalam mengendalikan kolesterol tubuh, serat pektin juga berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL.
  8. Mengeluarkan Racun Makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari selalu menyisakan racun dalam hati yang mana bila dibiarkan menumpuk akan merusak fungsi hati, bahkan merembet mempengaruhi organ tubuh lain.
  9. Mencegah Katarak Dalam sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini (merupakan jangka panjang) menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti apel dapat memperkecil kemungkinan mengalami kerusakan mata seperti katarak sebanyak 10 sampai 15 persen.
  10. Mencegah Wasir Penyakit wasir disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan pembuluh darah akibat adanya tekanan berlebih yang membebani panggul dan dubur. Meskipun wasir bukan penyakit mematikan, rasa sakit yang dihadirkan dapat mengganggu keseharian Anda. Untuk membantu meringankan wasir Anda bisa makan buah tinggi serat seperti apel.
  11. Menurunkan Berat Badan Apel adalah buah yang banyak mengandung serat dan rendahnya kalori dapat Anda jadikan makanan untuk menunda rasa lapar. Hal ini berpotensi besar terhadap penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh ikut terbakar.
  12. Memutihkan Gigi Menggigit daging apel sama seperti menggosok menggunakan sikat dan pasta gigi, yang menjadikan apel lebih hebat dari kedua alat dan bahan untuk memutihkan gigi tersebut karena membantu meningkatkan sekresi air liur dalam mulut sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi.Buah apel merupakan sikat dan pasta gigi alami yang juga merupakan rahasia gigi putih para dokter, jadi jika Anda ingin memiliki gigi yang putih berseri seperti para dokter, rajin-rajinlah makan buah apel saat waktu santai.
  13. Mencegah Kanker Kulit Apel juga membantu memelihara kondisi kesehatan kulit dari dalam sehingga tampilan pesona yang terpancar sangat menakjubkan, salah satu kehebatannya adalah mencegah kanker kulit. Apel merupakan sumber vitamin A yang menurut dokter membantu mengurangi risiko terhadap kanker kulit. Satu buah apel ukuran besar dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian pada pria sampai 5% dan wanita sampai 4%.
  14. Menghilangkan Kantung Mata Mata yang digunakan untuk melihat objek terlalu lama tanpa diberi waktu istirahat sejenak dapat mengakibatkan timbul kantung di bawah mata serta lingkaran hitam di area mata.Jika Anda terpaksa untuk begadang, sebelum tidur lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan diatas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan mata dirileksasi selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.
  15. Mengtasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak Campuran antara bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.Untuk mengencangkan kulit wajah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh lapisan kulit Anda bisa mengoleskan cuka sari apel pada wajah menggunakan kapas yang dibentuk bulat seperti bola. Perawatan ini sama halnya seperti toner.
  16. Mengangkat Kotoran Yang Menempel Pada Kulit Wajah (terutama) dan kulit tubuh lain tidak bisa dipisahkan oleh debu jalanan, tugas Anda sebagai pemiliknya adalah merawatnya agar tetap bersih dan sehat. Cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.
  17. Melindugi Kulit Dari Sinar Matahari Terlalu sering terpapar teriknya sinar matahari dapat mengakibatkan kulit terbakar, kering, kusam bahkan mengalami pengelupasan. Untuk itu apabila Anda lebih sering bekerja di bawah terpaan matahari, mengolesi tubuh dengan pasta apel yang sudah dicampurkan dengan satu sendok teh gliserin dan pulp dan membiarkannya selama 15 menit dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar ultraviolet.
  18. Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Agar Tetap Sehat Apabila Anda sedang dihadapkan dengan masalah kesehatan rambut, sepertinya buah apek cocok dijadikan bahan perawatan untuk mengurus masalah terkait rambut seperi kerontokan, kepala kering, berketombe dan rambut beruban. Selain itu perawatan rambut dengan apel juga mempercepat proses pertumbuhan rambut yang mengalami kebotakan, menghitamkan warna rambut serta memberikan kesan kilau menawan.

Eitsss… ternyata kulit buah Apel juga mempunyai manfaat loh….Selain manfaat buah apel, menurut para ahli kulit apel dapat menambah masa otot hingga 15 % jadi meski otot bertambah besar, berat badan secara menyeluruh tidak akan bertambah karena kulit apel bisa membakar 50 % lemak yang tidak bermanfaat dalam tubuh. Kulit apel juga dapat menjadi terapi serta perawatan baru bagi orang yang memiliki gangguan peradangan usus seperti ulcerative colitis, penyakit kronis dan radang usus yang terkait dengan kanker usus.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi jus Apel segar. Tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jus Apel karna selain rasanya yang enak, anda juga dapat terhindar dari berbagai macam resiko terkena serangang penyakit berbahaya.

Selain itu jika anda malas pergi keluar rumah untuk membeli jus Apel ,tenang anda kini tidak perlu repot-repot pergi ke supermarket atau penjual jus buah hanya untuk mendapatkan kesegaran dan manfaat dari jus Apel. Karna kini anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara yang mudah dan sederhana.

Baca Juga : Resep Membuat Jus Apel Yang Baik Untuk Kesehatan

 

Membuat jus Apel tidak sulit, anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bahan untuk membuat jus Apel yang segar. Setelah anda mengetahui manfaat lengkap jus Apel yang baik bagi kesehatan tubuh dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dan tentu jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi jus Apel setiap hari. Tidak hanya segar dan nikmat tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat