Manfaat Lengkap Jus Semangka Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Semangka merupakan jenis buah berair yang sebagian besar jenis daging buahnya bewarna merah. Buah ini sangat cocok di konsumsi di saat udara terasa sangat panas atau di siang hari yang cukup terik ini dikarenakan, hampir 90 persen kandungan semangka terdiri atas air. Buah ini mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun di pasar yang lebih modern. Sebagian besar dari kita tentu menyukai mengkonsumsi buah berair tersebut. Namun, di samping penganti penghilang dahaga buah semangka juga memiliki banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat menakjubkan semangka bagi kesehatan tubuh tersebut mari kia bahas bersama-sama ???

 

Sahabat, tips kesehatan. Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah semangka mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian anda. Kandungan berbagai nutrisi dan vitamin yang melimpah pada buah semangka dapat membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang. Tips kesehatan kali ini akan mengungkapkan berbagai manfaat semangka yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini manfaat buah  semangka bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Jantung Yang Lebih Sehat.

Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

  1. Mata Yang Lebih Sehat.

Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan anda.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

  1. Perlindungan Dari Radikal Bebas.

Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

  1. Memperkuat Tulang Tubuh.

Ini dikarenakan, semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

  1. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat.

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh.

  1. Mengurangi Lemak Pada Tubuh.

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

  1. Mencegah Asma

 

Manfaat semangka adalah buah ajaib untuk mencegah penyakit asma. Buah ini tidak menyembuhkan penyakit asma tapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

 

Semangka ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang membuat semangka menjadi buah menyegarkan untuk penderita hipertensi.

 

  1. Menangkal Kanker

 

Semangka menjadi buah yang memiliki sumber tinggi vitamin C dan zar licopen. Kedua macam zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lain.

 

  1. Mengatasi Sembelit

 

Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

 

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

 

  1. Mencegah Peradangan

 

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh untuk menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak. Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

 

  1. Membuat Kulit Lembut dan Halus

 

Semangka tidak hanya buah yang menyegarkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Tapi ternyata semangka yang kaya dengan kandungan vitamin A bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab. Hal ini akan mencegah kulit kusam dan kurang nutrisi. Wanita yang mengkonsumsu semangka secara teratur bisa memiliki kulit yang lebih cantik dan tidak kering. Vitamin A dalam semangka juga memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit.

 

  1. Mengatasi Nyeri Otot

 

Senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan ketegangan. Hal inilah yang membuat semangka sangat efektif untuk atlit setelah melakukan pertandingan.

 

  1. Sumber Kolagen Alami

 

Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kulit mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehinggab membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu semangka yang penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.

 

  1. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

 

Semangka mengandung senyawa likopen yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung dan tulang. Semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung. Selain itu semangka juga sangat efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. Likopen akan memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.

 

  1. Buah untuk Diet

 

Kandungan asam amino citruline dalam buah semangka ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa ini didapatkan dari semangka setelah dirubah oleh ginjal dan menjadi arginin. Kemampuan senyawa ini akan lebih tinggi ketika sudah menjadi arginin sehingga menyebabkan tubuh melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan larut dalam saluran pengeluaran. Jadi, manfaat semangka untuk diet sangat baik untuk dikonsumsi.

 

  1. Mencegah Impotensi

 

Khasiat semangka yang sangat menarik adalah mencegah impotensi. Kandungan senyawa citruline yang bisa dirubah menjadi arginin oleh ginjal telah memberikan peran yang besar terutama untuk mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki-laki. Manfaat semangka untuk kesuburan mampu meningkatkan gairan seksual, mengurangi rasa lemah dan lesu serta meningkatkan libido.

 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi jus semangka segar. Tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jus semangka karna selain rasanya yang enak, anda juga dapat terhindar dari berbagai macam resiko terkena serangang penyakit berbahaya.

Selain itu jika anda malas pergi keluar rumah untuk membeli jus semangka, tenang anda kini tidak perlu repot-repot pergi ke supermarket atau penjual jus buah hanya untuk mendapatkan kesegaran dan manfaat dari jus semangka. Karna kini anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara yang mudah dan sederhana.

 

Baca Juga : Resep Membuat Jus Semangka Yang Baik Untuk Kesehatan

 

Membuat jus semangka tidak sulit, anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bahan untuk membuat jus semangka yang segar. Setelah anda mengetahui manfaat lengkap jus semangka yang baik bagi kesehatan tubuh dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dan tentu jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi jus semangka setiap hari. Tidak hanya segar dan nikmat tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Tips Mengkonsumsi Semangka

Untuk mendapatkan semua manfaat buah semangka yang sangat luas, maka konsumsi buah semangka juga harus dilakukan sesuai aturan. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengkonsumsi semangka agar tetap sehat.

  • Cuci buah semangka sebelum dikupas untuk membersihkan kulit dari bakteri atau kuman selama semangka dalam penampungan atau toko.
  • Sajikan semangka saat sudah dikupas kulitnya untuk menghindari kontaminasi bakteri.
  • Selalu konsumsi semangka yang masih segar atau baru saja di potong.
  • Hindari memakai pisau bekas daging atau makanan lainnya untuk memotong semangka
  • Hindari konsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan lebih dari 24 jam.

 

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat.