Dinosaurus Yang Ada Di Dunia Bagian 1

Selanjutnya

Dinosaurus menjadi hewan yang telah menguasai Bumi selama ratusan juta tahun. Dengan berbagai ukuran dan bentuk, mahluk yang telah punah itu dapat kita temukan melalui peninggalan fosil. Tulang-belulang dipelajari oleh ilmuwan sebagai cara untuk mengetahui berbagai informasi tentang hewan tersebut. Dipopulerkan melalui berbagai media seperti film, televisi, dan buku, dinosaurus telah mengalami kesalahpahaman dalam fakta yang mereka miliki. Berikut adalah 8 kesalahpahaman umum tentang dinosaurus yang dilansir dari situs resmi Museum Nasional Smithsonian di Amerika Serikat.

  • Arti kata dinosaurus adalah “terrible lizard” atau “kadal buruk” Definisi asli dari kata tersebut adalah “fearfully-great lizards” atau “kadal hebat yang tidak kenal takut” yang dikemukakan oleh Richard Owen pada 1842. Kata “deinos” memilki arti “tidak kenal takut” seperti yang digunakan oleh Homer di karya sastra yang bertajuk Illiad. Semakin lama “tidak kenal takut” disederhanakan menjadi “buruk”. Selain itu apakah Anda tahu bahwa dinosaurus sebenarnya bukan kadal?
  • Semua kadal raksasa dari zaman prasejarah adalah dinosaurus Faktanya dinosaurus hanya merepresentasikan 10% dari 40 kelompok reptil dari jaman Mesozoikum. Pterodactyl, ular laut, kadal raksasa, pelycosaurus menjadi beberapa mahluk yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai dinosaurus.
  • Seluruh spesies dinosaurus hidup dan mati pada waktu bersamaan Faktanya spesies dinosaurus terbagi dalam tiga periode waktu yaitu Trias, Jura, dan Kapur. Jadi, dinosaurus seperti Tyrannosaurus tidak akan bertemu dengan Apatosaurus karena jarak yang waktu yang memisahkan mereka. Berapa lama? Sekitar 65 juta tahun.
  • Asteroid atau komet membuat dinosaurus punah Hal yang menarik dari ilmu sains adalah bagaimana sebuah penelitian dapat menghasilkan perubahan pada sebuah temuan. Teori punahnya dinosaurus sendiri menjadi perdebatan umum yang dialami para ilmuwan. Seperti yang dilansir dari Paleobiology.si.edu, asteroid bukanlah alasan utama mengapa mereka punah. Ilmuwan mengklaim bahwa keanekaragaman telah turun pada akhir jaman Kapur. Teori lain juga dapat terjadi seperti yang dilansir dari Dinodatabase.com yaitu perubahan iklim, ukuran badan, penyakit dan wabah, kelaparan, terbaliknya tanah magnetis bumi, dan supernova di angkasa terdekat
  • Mamalia hadir setelah dinosaurus Mamalia pada faktanya hadir dan hidup bersama pada akhir periode Trias. Selain itu muncul teori bahwa mamalia memakan telur-telur dinosaurus sehingga dapat menjadi salah satu opsi mengapa mereka punah. Akan tetapi tidak ada fakta yang bisa mendukung pernyataan tersebut.
  • Arkeolog menggali dan meneliti dinosaurus Ya, arkeolog bukan menjadi bidang yang berkecimpung dengan dinosaurus. Pada dasarnya mereka hanya berhubungan dengan peninggalan manusia dahulu dengan jangka waktu 3-4 juta. Lalu bidang apa yang mempelajari dan menggalinya? Tentu saja paleontolog, sebuah ilmu yang menggabungkan geologi dan biologi. Paleontolog berhubungan langsung dengan fosil yang tertinggal di bumi sekitar 3,5 milyar tahun yang lalu. Jauh lebih banyak daripada arkeolog.
  • Dinosaurus yang digambarkan di buku dan televisi selalu benar Buku populer termasuk fiksi, film layaknya Jurrasic Park, dan acara televisi tidak perlu memberikan gambaran akurat pada dinosaurus. Seringkali mereka menunjukkan kesalahan beserta informasi yang belum diperbarui.
  • Dinosaurus melambangkan kegagalan dan kepunahan Faktanya dinosaurus menjadi contoh terbaik dari adaptasi mahluk hidup. Mereka menguasai Bumi lebih lama dari hewan darat lainnya dengan estimasi 150 juta tahun. Selain itu burung menjadi keturunan mereka yang menyebar di seluruh dunia pada jaman moderen ini. Ya, dinosaurus bersaudara lebih dekat dengan burung, bukan kadal.

Berikut ini adalah nama nama dinosaurus di dunia :

Triceratops

Triceratops jenis dinosaurus yang memiliki tiga buah tanduk. Hewan berkaki empat tersebut dapat tumbuh hingga setinggi 7,5 meter. Triceratops (dari bahasa Yunani, artinya “wajah bertanduk tiga”) merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar. Panjangnya bisa mecapai 9 m, tingginya sekitar 3, 8 m dan berat 6, 5 ton. Panggilan pendeknya Tritop. Dinosaurus ini jarang lari ketakutan karena Tyrannosaurus, karena biasanya mereka melindungi diri mereka dengan tanduknya yang tajam. Pernah disebut sebagai dinosaurus ksatria, karena bentuk kombinasi kepala dan tanduknya membuat dirinya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng. Sebutan ini ada benarnya, karena kulit yang berada pada posisi ‘tameng’ amatlah keras. Selain itu tanduknya yang tajam mampu membuat lawan ketakutan.

Triceratops memiliki tiga tanduk, dua di alisnya dan satu di hidungnya. Panjang tengkoraknya mencapai 2 m. Triceratops memiliki empat kaki kokoh untuk menopang tubuhnya. Beberapa ahli mengatakan Triceratops tidak bisa berlari cepat, namun mereka dapat mencapai kecepatan setidaknya 30 km/jam.

Para ilmuwan mengatakan Triceratops hidup antara 72 dan 65 juta tahun yang lalu sebenarnya hanya Torosaurus muda. John Scannella dan Jack Horner di Museum of Rockies di Bozeman, Montana menganalisis tengkorak dari dinosaurus yang telah diklasifikasikan sebagai Triceratops dan Torosaurus. Tapi para peneliti mengatakan bahwa Triceratops hanya versi muda Torosaurus dan tanduknya berubah bentuk sebagai dinosaurus dewasa.Kedua binatang punya tiga tanduk tapi pada sudut yang berbeda dan torosaurus “leher-embel-embel yang lebih tipis, halus dan memiliki dua lubang di dalamnya “Ketika mencapai kematangan lubang dikembangkan di-embel-embel lehernya.

Penelitian, yang muncul dalam Journal of Vertebrate Paleontology, mengatakan bahwa leher-embel-embel dan tanduk berubah bentuk sebagai hewan tua karena mereka kenyal dan tidak akan mengeras seperti dinosaurus dewasa lainnya.Scannella mengatakan. “Bahkan dalam spesimen yang paling matang bahwa kita sudah memeriksa, ada bukti bahwa tengkorak itu masih mengalami perubahan dramatis pada saat kematian.”

Tyrannosaurus rex

Selain menjadi salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang diketahui, Tyrannosaurus rex – atau disingkat T. rex – adalah dinosaurus yang paling banyak menerima liputan media.T. rex mendapat peran utama dalam film “Jurassic Park” dan dipamerkan di tempat utama di American Museum of Natural History di New York City.Nama Tyrannosaurus rex berarti “raja kadal tiran” dengan “tyranno” berarti tiran dalam bahasa Yunani; “saurus” berarti kadal dalam bahasa Yunani, dan “rex” berarti raja dalam bahasa Latin.Nama ini diberikan pada tahun 1905 oleh Henry Fairfield Osborn, presiden American Museum of Natural History pada saat itu.T. rex merupakan anggota dari keluarga Tyrannosauroidea atau dinosaurus predator besar dengan lengan depan kecil dan memiliki dua jari. Selain Tyrannosauridae, genera tyrannosaurid lainnya meliputi Albertosaurus, Alectrosaurus, Alioramus, Chingkankousaurus, Daspletosaurus, Eotyrannus, Gorgosaurus, Nanotyrannus, Prodeinodon dan Tarbosaurus.

Bagian 2

Kerangka T. rex terbesar dan paling lengkap yang pernah ditemukan dijuluki Sue, diambil dari nama penemunya, ahli paleontologi Sue Hendrickson.Pengukuran Sue menyimpulkan T. rex adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah hidup, memiliki tinggi 4 meter hingga pinggul dan panjang 12,3 m. Selain itu, makhluk ini diperkirakan memiliki berat 8,2 ton.

T. rex memiliki paha dan ekor yang kuat untuk mengimbangi kepala yang besar (tengkorak Sue memiliki panjang 1,5 m). Hewan buas ini diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 17-40 km/jam.Lengan depan T. rex memiliki dua jari yang lemah, sehingga tidak mungkin digunakan untuk membunuh atau menyorongkan makanan ke mulutnya.Berdasar hal ini, T. rex mengandalkan mulutnya yang besar untuk membunuh mangsanya, dengan fungsi lengan depan hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

Menurut hasil studi, dinosaurus ini memiliki gigitan terkuat dari setiap hewan darat yang pernah hidup.Gigitan T. rex diperkirakan memiliki kekuatan 57.000 Newton atau setara dengan kekuatan gajah ukuran medium yang sedang duduk.T. rex memiliki mulut penuh dengan gigi bergerigi hingga mencapai panjang 30 cm dan merupakan gigi dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan.Tidak semua gigi dinosaurus memiliki fungsi yang sama. Secara khusus, gigi depan berfungsi mencengkeram dan menarik mangsa; gigi samping merobek daging; dan gigi belakang memotong daging sebelum ditelan.

T. rex merupakan karnivora besar dan terutama makan dinosaurus herbivora, termasuk Edmontosaurus dan Triceratops.Sang predator dipercaya memperoleh makanan dengan berburu, namun bersedia pula memakan dinosaurus yang sudah mati.Para ilmuwan belum yakin apakah T-rex berburu sendiri atau berburu dalam kelompok.

 

Stegosaurus


Stegosaurus  artinya “kadal beratap”, karena sisik besar di punggungnya (bahasa Yunani stego = piring/atap + sauros = kadal) adalah sebuah genus dinosaurus herbivora besar dari Awal Jurassic di Amerika Utara. Spesies ini adalah salah satu jenis dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi, karena kedua baris sisik yang saling silang di punggungnya (dasar untuk nama ilmiahnya) dan 2 pasang duri panjang di ekornya (disebut thagomizer).

Paleontologis sempat memperdebatkan bagaimana sisik-sisik di punggung Stegosaurus tersusun.Karena sisik tersebut berada di atas lapisan otot punggung (paleontologis bahkan memperkirakan sisik tersebut memiliki pembuluh darah)maka saat Stegosaurus mati dah memfosil, sisik-sisik tersebut terlepas dan saling bertumpukan. Pendapat pertama mengatakan bahwa sisik Stegosaurus menutupi punggungnnya, pendapat kedua mengatakan bahwa sisik-sisik tersebut berdiri tegak dan saling bersebelahan dan pendapat terakhir yang paling disetujui adalah sisik-sisiknya berdiri tegk dengan posisi saling silang.

Satu hal yang sering menimbulkan salah paham mengenai Stegosaurus adalah rongga pada ujung ekornya. Dahulu paleontologis mengira bahwa rongga tersebut berisi otak Stegosaurus, sehingga menimbulkan anggapan bahwa Stegosaurus merupakan Dinosaurus yang pintar karena memiliki 2 otak. Belakangan diketahui bahwa anggapan tersebut adalag salah. Stegosaurus bukanlah Dinosaurus yang cukup pintar karena otaknya hanya sebesar bola golf dan rongga pada ekor Stegosaurus adalah tempat melekatnya otot-otot ekor yang sangat kuat, yang digunakan sebagai alat pertahanan diri dengan mengayunkan ekor berdurinya sekeras mungkin ke arah penyerangnya.

 

Velociraptor

Velociraptor hidup di akhir Zaman Kretasius sekitar 65-71 juta tahun yang lalu. Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaesauridia yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 5 kaki (1.5 meter) dan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 15-30 pound (7-14 kilogram) . Seperti Dromaesauridia lainnya, tubuh Velociraptor kemungkinan memiliki bulu. Selain itu, mereka memiliki sebuah cakar besar berbentuk melengkung, yang kemungkinan digunakan untuk menusuk atau merobek tubuh korbannya,dan juga menyerangnya dengan kuku kaki yang tajam. Velociraptor juga termasuk pintar bila dibandingkan dengan dinosurus lainnya, dan hal ini membuat mereka mampu bersaing dengan predator besar lain yang hidup di tempat yang sama. Fosilnya ditemukan di daerah Mongolia, Rusia, dan Cina.

 

Brachiosaurus

Brachiosaurus  adalah genus dari sauropoda dinosaurus dari Jurassic Formasi Morrison dari Amerika Utara . Ini pertama kali dijelaskan oleh Elmer S. Riggs pada tahun 1903 dari fosil yang ditemukan di Grand River Canyon (sekarang Sungai Colorado ) dari barat Colorado , di Amerika Serikat . Riggs bernama altithorax Brachiosaurus dinosaurus, menyatakan hal itu “dinosaurus terbesar yang diketahui”. Brachiosaurus memiliki leher panjang proporsional, tengkorak kecil, dan ukuran keseluruhan yang besar, yang semuanya khas untuk sauropoda. Namun, proporsi Brachiosaurus sauropoda tidak seperti kebanyakan. Para forelimbs lebih panjang daripada hindlimbs, yang mengakibatkan batang terjal, membuat bentuk tubuh secara keseluruhan mengingatkan Jerapah modern . Juga, sementara ekor ekor dinosaurus khas panjang, itu relatif singkat untuk sauropod

Bagian 2

Brachiosaurus adalah genus senama keluarga Brachiosauridae , yang mencakup beberapa sauropoda serupa lainnya. Banyak dari apa yang diketahui oleh orang awam tentang Brachiosaurus sebenarnya berdasarkan Giraffatitan brancai , satu spesies dinosaurus brachiosaurid dari Tendaguru Pembentukan Tanzania yang pada awalnya digambarkan oleh ahli paleontologi Jerman Werner Janensch sebagai spesies Brachiosaurus. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perbedaan antara spesies jenis Brachiosaurus dan bahan Tendaguru yang cukup signifikan bahwa bahan Afrika harus ditempatkan dalam genus terpisah. Beberapa spesies potensial lainnya dari Brachiosaurus telah dijelaskan dari Afrika dan Eropa , namun tidak satupun dari mereka yang diduga milik Brachiosaurus saat ini.

Brachiosaurus merupakan salah satu sauropoda jarang dari Formasi Morrison. The spesimen tipe B. altithorax masih merupakan spesimen yang paling lengkap, dan hanya segelintir relatif spesimen lainnya yang diduga milik genus. Hal ini dianggap sebagai tinggi peramban , mungkin tanam atau menggigit vegetasi setinggi mungkin 9 meter (30 kaki) dari tanah tersebut. Tidak seperti sauropoda lainnya, dan penggambaran di Jurassic Park , itu tidak cocok untuk budi pada hindlimbs nya. Telah digunakan sebagai contoh dinosaurus yang kemungkinan besar ectothermic karena ukurannya yang besar dan kebutuhan yang sesuai untuk makanan ternak , namun penelitian yang lebih baru menemukan itu telah berdarah panas .Panjang hewan ini adalah 30 meter dan memiliki berat sampai 130 ton.Sedangkan panjang Brontosaurus hanya 26 meter dan memiliki berat 32 ton!

Kelanjutannya